Ustaz Yusuf Mansur Gerak Cepat Menyikapi Bencana Gempa Aceh

Loading...

Aceh kembali diguncang gempa bumi berkekukatan 6,4 SR, dini hari pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016).

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa berada pada 5.19 LU dan 96.36 BT, atau tepatnya terletak pada kedalaman 10 Km Timur Laut, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Gempa tersebut mengakibatkan bangunan roboh serta membangkitkan trauma warga yang telah lama terkubur sejak gempa Desember 2004 silam.

Meski gempa kali ini tidak sedahsyat pada tahun 2004, namun kerusakan yang diakibatkan cukup parah.

instagram.com/supriadin95

Kabar duka Aceh ini tentunya menjadi duka seluruh masyarakat Indonesia.

Tak terkecuali para pesohor Tanah Air.

Ustaz Yusuf Mansur menjadi salah satu public figure yang peduli dengan bencana ini.

Melalui Instagramnya, ia mengajak seluruh masyarakat segera ambil posisi untuk mendoakan bumi Aceh.

Ia juga akan menggalangkan bantuan lewat aksi kemanuasiaan bersama dengan lembaga kemanusiaan yang berkerjasama dengannya.

"Ayo.

Lsg ambil posisi doa u Aceh dan Indonesia.

Sebentar lagi kita galang bantuan.

Lwt Paytren, SMI, Aqudo, Miracle, PPPA, dan aksi2 kemanusiAan lain.

Lembaga lain pasti jg bergerak.

Kepada Allah kita meminta pertolongan. Santri2 di DQ di berbagai cabangnya lsg ambil posisi doa juga," tulisnya.

>

Seraya netizen mendoakan bumi Aceh dan seluruh warganya.

"Smoga Allah memberikan tambahan kekuatan iman bagi sodara2 kita di Aceh dan dimanapun diseluruh penjuru bumi Allah. Aamiin. Makasih ust.@yusufmansurnew," tulis @yunilaiscool.

"Allahumma sholli'aala sayyidina Muhammad wa'aalaali sayyidina Muhammad, astaghfirullah, subhanallah wa bihamdi, ya Allah lindungilah & selamat kan saudara2 kami yg d Aceh... Berilah kesabaran & rejeki yg lbh banyak ... Aamiin (emoji)," tulis @warungserbada.


"Ya alloh ampunilah kami ampuni kesombongan kami, terimalah di sisimu korban bencana ini," tulis @fay_aprian.

"Astagfirullohaladziiim ...semoga saudara2 kita di Aceh diberikan kekuatan , kesabaran , kesehatan , dan dilindungi selalu oleh Allah ...Aamiin," tulis @teawati_15.

"Yaa Sayyidii Yaa Rasuulalloh Ya Allah Lindungilah saodara2 kami yang ada di aceh," tulis @tiltolformosa.

25 Tewas dan 26 Luka Berat

Operasi pencarian dan penyelamatan korban jiwa akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya sekitar pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016) pagi, terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Tagana, PMI, relawan, dan masyarakat.

"Hingga Rabu (7/12/2016) pukul 11.00 WIB, tim SAR telah menemukan 25 korban tewas dan 26 orang luka berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan tertulis, Rabu.

"Korban dirujuk ke RSUD Pidie Jaya dan puskesmas," ujar Sutopo.

Sutopo menyebutkan, data kerusakan bangunan bertambah. Data sementara, di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 72 unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, dan beberapa ruas jalan rusak.

Selain itu, kata dia, 15 unit rumah rusak berat, 5 unit masjid roboh, 1 unit gedung STAI AL-Azziziyah roboh, dan 1 unit bangunan toko roboh.

Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat 2 unit rumah roboh dan 1 unit masjid roboh.



Menurut Sutopo, upaya penanganan terus dilakukan dengan fokus utama pada pencarian dan penyelamatan korban yang tertimpa bangunan yang roboh.

(Baca juga: Gempa Aceh, Puluhan Santri Diduga Masih Tertimbun Reruntuhan Gedung)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya dan BPBD Pidie bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan, dan lainnya melakukan penanganan di lokasi.

"Posko BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD untuk melakukan pendataan. Pendataan dampak gempa terus dilakukan oleh BPBD," ucap Sutopo.

BMKG Aceh merilis, gempa 6,4 skala Richter itu terjadi pada pukul 05.03 WIB, dengan lokasi 5.19 lintang utara (LU), 96.36 barat timur (BT), dan 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya di kedalaman10 kilometer.

Gempa juga kuat dirasakan di Kabupaten Pidie Jaya dan meluas di beberapa wilayah Aceh, di antaranya Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireuen, dan Lhokseumawe. (Style.Tribunews)


Loading...
close
Loading...