Karena Sakit Ini, Bj Habiebie di Rawat Dirumah Sakit Jerman

Loading...
Kondisi kesehatan Presiden ke-3 RI BJ Habibie menurun. Habibie saat ini dirawat di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman untuk observasi.

“Sudah berada di rumah sakit di Munchen dan dalam perawatan,” kata Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, Sabtu (3/3/2018), dikutip dari Detik.com.


Rubijanto mengatakan, tim dokter saat ini tengah melakukan observasi terhadap kesehatan Habibie. Diduga ada kebocoran pada klep jantun yang pernah dipasang.

“Masih observasi. Sedang diperiksa oleh tik dokter di sana. Nanti akan diupdate karena kan perbedaan waktu enam jam dengan di Jerman,” jelas Rubijanto.

Rubijanto menceritakan, dirinya sempat berbicara melalui sambungan telepon dengan Habibie. Awalnya Habibie mengaku sulit bernapas, pada Selasa (27/2/2018). Hingga akhirnya diputuskan untuk membawa Habibie ke rumah sakit.

“Dengan suara parau beliau menjelaskan bahwa pada awalnya sulit dan sesak bernapas yang terjadi pada, Selasa (27/2/2018). Maka rekan-rekan langsung membawa Bapak BJ Habibie ke Klinik Starnberg di Munchen. Tim dokter langsung periksa Bapak BJ Habibie, dan diketahui bahwa Klep Jantung termonitor ada kebocoran,” ujar Rubijanto.

Lanjut Rubijanto, berdasarkan analisa dokter, Habibie harus segera menjalani operasi jantung atau dapat dilakukan pengobatan dan tindakan dengan cara yang lebih canggih.

Namun, Habibie tidak menginginkan untuk dilakukannya tindakan operasi jantung dan memilih untuk menjalani tindakan dengan menggunakan metode yang lebih canggih.

“Besok Jumat (2/3/2018) tim dokter akan melakukan pemasangan Kateter (dari mulut) untuk mengetahui persisnya kebocoran Klep Jantung untuk menentukan tindakan mana yang lebih tepat akan ditempuh,” tambah Rubijanto.

Dirinya berharap kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan kondisi kesehatan BJ Habibie dapat segera pulih kembali.

“Mohon doanya agar cepat sembuh dan pulih,” tutup Rubijanto.

Loading...
close
Loading...